Senin, 17 Juli 2017

Pengetahuan~Macam-Macam Gerak Pada Hewan

di Juli 17, 2017


Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

Ada 2 macam gerak pada tumbuhan yaitu :

1. Gerak Endonom:
yaitu gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan dari dalam tumbuhan. Ada 2 gerakan endonom yaitu :

a. Gerak Nutasi yaitu gerakan spontan yang tidak disebabkan adanya rangsangan dari luar. Contohnya gerakan aliran sitoplasma pada tanaman air Hydrilla verticillata

b. Gerak Higroskopis yaitu gerakan pada tumbuhan yang disebabkan adanya perubahan kadar air. Contohnya gerak pecahnya kulit buah polong-polongan yang sudah kering.


Pengertian dan Contoh Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan


2. Gerak Etionom yaitu gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan yang berasal dari luar tumbuhan. Faktor penyebab gerakan etionom seperti faktor air, cahaya, rangsangan berupa sentuhan, temperatur/suhu, gravitasi, zat kimia dll. Ada 3 gerakan etionom yaitu :

a. Tropisme yaitu gerakan pada tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Gerak tropisme dibedakan menjadi :

  • Fototropisme adalah gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya matahari. Fototropisme ada dua yaitu fototropisme positif dan fototropisme negatif. Fototropisme positif arah gerak pertumbuhannya selalu menuju kearah cahaya, contohnya gerak  tanaman biji-bijian yang sedang tumbuh tunas. Sedangkan, fototropisme negatif arah gerak pertumbuhannya selalu menjauhi cahaya, contohnya beberapa tumbuhan tropis merambat.
  • Geotropisme adalah gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh gravitasi bumi. Geotropisme ada dua yaitu geotropisme positif dan geotropisme negatif.  Geotropisme positif arah pertumbuhannya selalu menuju kebawah atau kedalam tanah, sedangkan geotropisme negatif arah pertumbuhan akarnya selalu menuju ke atas.

Pengertian dan Contoh Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan


  • Hidrotropisme adalah gerakan pada tumbuhan menuju kearah yang basah atau berair. Hidotropisme ada dua yaitu hidrotropisme positif dan hidrotropisme negatif. Hidrotropisme positif arah pertumbuhannya menuju tempat yang berair. Contohnya arah pertumbuhan ujung akar didalam tanah yang selalu menuju ketempat yang mengandung air. Hidrotropisme negatif arah pertumbuhannya menjauhi tempat yang berair.
  • Tigmotropisme adalah gerakan pada bagian tumbuhan akibat persinggungan. Contohnya, sulur markisa dan batang mentimun yang membelit tanaman lain.

Pengertian dan Contoh Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan

b. Taksis adalah gerakan seluruh tubuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh datangnya rangsang. Gerak Taksis dibedakan menjadi :

  • Fototaksis adalah gerakan pada seluruh tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan cahaya. Contohnya, gerakan euglena yang selalu mendekati cahaya.
  • Kemotaksis adalah gerakan yang dipengaruhi oleh rangsang berupa zat kimia. Contohnya, spermatozoid pada arkegonium lumut-lumutan dan paku-pakuan yang bergerak karena tertarik oleh zat gula atau protein.

c. Nasti adalah gerakan pada tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Gerak nasti dibedakan menjadi :

  • Fotonasti adalah gerakan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. Contohnya, gerak mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada sore hari. 
  • Thermonasti adalah gerakan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa suhu. Contohnya, mekarnya bunga tulip pada suhu tertentu.
  • Niktinasti adalah gerakan yang disebabkan kondisi gelap. Contohnya, gerak menutupnya daun majemuk (lamtoro, turi) karena cahaya gelap.
  • Seismonasti adalah gerakan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa sentuhan. Contohnya, gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) karena sentuhan. Daun putri malu akan menutup apabila disentuh. 
Pengertian dan Contoh Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan
Source: Google Images

  • Kemonasti adalah gerakan yang dipengaruhi oleh rangsang berupa zat kimia. Contohnya, membukanya mulut daun (stomata) pada siang hari karena adanya karbondioksida.
  • Nasti kompleks adalah gerak yang dipengaruhi lebih dari satu macam rangsang. Contohnya, gerak membuka dan menutupnya mulut daun (stomata) karena cahaya matahari, zat kimia, air dan suhu.
sumber : http://www.gudangbiologi.com/2015/09/pengertian-dan-contoh-macam-macam-gerak-pada-tumbuhan.html




0 komentar:

Posting Komentar

 

PENGETAHUAN Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

Red Spinning Heart Within A Heart /* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://ani.cursors-4u.net/symbols/sym-8/sym755.ani), url(http://ani.cursors-4u.net/symbols/sym-8/sym755.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */