Senin, 19 Februari 2018

cara mencegah penyakit pneumonia

di Februari 19, 2018



Pencegahan pneumonia dapat kita lakukan dengan langkah-langkah sederhana. Beberapa di antaranya adalah:
  • Menjalani vaksinasi. Vaksin merupakan langkah penting agar kita terhindar dari pneumonia maupun penyakit lain. Harap diingat bahwa vaksin pencegah pneumonia bagi orang dewasa berbeda dengan anak-anak.
  • Menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Misalnya dengan teratur berolahraga, cukup istirahat, serta menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang.
  • Menjaga kebersihan agar terhindari dari penyebaran virus, seperti sering mencuci tangan.
  • Jangan merokok karena asap rokok dapat merusak paru-paru sehingga lebih mudah terinfeksi.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dan berkepanjangan. Kebiasaan ini juga akan menurunkan daya tahan paru-paru Anda sehingga Anda lebih rentan terkena pneumonia beserta komplikasinya.
  • http://www.alodokter.com/pneumonia/pencegahan
  • Dibawah ini merupakan langkah pencegahan agar terhindari dari penyakit TBC, simak uraian lengkapnya!
    1.) Menghindar dari pasien TBC
    Untuk mencegah penyakit TBC, Anda harus berusahan menghindari penyebarannya. Salah satunya adalah dengan tidak berdekatan dan berkomunikasi dengan pengidap tuberkulosis. Terlebih jika Anda adalah orang yang sudah positif TB laten.
    Jika Anda terpaksa berhubungan dengan orang-orang yang mengidap penyakit TBC, misalnya Anda adalah seorang perawat atau bekerja pada bagian fasilitas perawatan dimana pasien TB sedang dirawat, Anda bisa melakukan langkah-langkah perlindungan. Diantara yang paling utama adalah dengan menggunakan masker wajah agar bakteri TB tidak terhirup.
    2.) Mengetahui jika Anda berisiko
    Sebagian orang tidak memikirkan mengenai penyakit yang satu ini. Padahal harusnya Kita tahu bahwa penyebaran dari TBC dapat terjadi dengan cepat dan dapat mengintai siapa saja. Untuk lebih mengenal mengenai penyakit ini, Anda dapat mengetahui kelompok-kelompok orang yang berisiko terkena penyakit tuberkulosis.
    1. Orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. Kelompok jenis ini biasanya didominasi oleh para penderita HIV (AIDS).
    2. Orang yang hidup bersama penderita penyakit TBC, baik itu keluarga, kerabat dekat, dokter maupun perawat.
    3. Orang-orang yang tinggal di tempat atau ruangan yang terbatas, seperti tempat penampungan tunawisma, panti jompo dan penjara.
    4. Para pengguna narkoba dan alkohol secara ilegal atau tidak dalam perawatan ahli kesehatan yang layak.
    5. Para pelancong, turis ataupun orang yang menetap pada wilayah dengan penyakit TB aktif yang umum, seperti di Amerika Latin, Afrika dan sebagian Asia.
    3.) Memulai gaya hidup sehat
    Pola hidup yang buruk dalam masalah kesehatan biasanya memiliki risiko terkena virus TB lebih besar dibandingkan orang-orang yang menjaga gaya hidupnya tetap teratur. Bahkan, resistennya lebih rendah dibandingkan orang-orang yang sehat. Oleh sebab itu, cara mencegah penyakit TBC yang paling efektif adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Diantaranya adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan daging tanpa lemak. Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan kurang sehat, termasuk lemak dan gula berlebih.
    Anda juga jangan melupakan hidup sehat dengan rajin berolahraga. Sisakan waktu setidaknya 3 hingga 4 kali setiap minggunya. Gabungkan juga latihan kardiovaskular dengan cara olahraga berenang, lari atau mendayung.
    Memulai menghindari merok0k dan minuman beralkoh0l juga dapat mencegah penularan penyakit TBC. Selain itu, tidur cukup, yaitu 7 hingga 8 jam setiap harinya juga tidak boleh Anda lewatkan. Jangan lupakan juga dengan rajin membersihkan lingkungan, baik di dalam maupun luar rumah.
    4.) Dapatkan vaksinasi BCG
    BCG (Bacille Calmette-Guerin) adalah vaksin yang digunakan sebagai cara mencegah penyakit TBC secara efektif. Biasanya vaksin ini diutamakan untuk anak-anak kecil. Namun begitu, vaksin ini tidak direkomendasikan oleh CDC untuk dijadikan imunisasi rutin. Hanya dalam beberapa keadaan masyarakat Amerika dan negara-negara lainnya ditekankan untuk menggunakan vaksin ini.
    5.) Melakukan tes
    Cara mencegah penyakit TBC selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan tes. Dengan cara ini, Anda bisa melakukan penanganan secepatnya, terlebih jika Anda sudah positif TB laten. Metode tes yang dilakukan sendiri ada beberapa, namun yang paling umum ada 2 jenis. Diantaranya adalah tes kulit atau The Tuberculin Skin Test dan tes darah.
    Ketika kedua tes tersebut mendapatkan hasil positif, Anda memerlukan tes tambahan. Nantinya ahli medis akan menentukan, apakah Anda terkena TB laten (TBC yang tidak menular) ataukah TB aktif yang diharuskan melakukan pengobatan lanjutan.
    6.) Mengetahui gejala-gejala TBC
    Dengan mengetahui gejala TBC, Anda bisa menghindari diri dari orang-orang yang kemungkinan terjangkit. Lebih-lebih jika gejala tersebut yang mengenai Anda, sehingga penanganan cepat dapat dilakukan. Diantara gejala tersebut adalah cepat lelah, penurunan berat badan, batuk, demam, berkeringat ketika malam, kehilangan nafsu makan dan mengigil.
    Diatas merupakan Cara Mencegah Penyakit TBC, semoga dengan adanya informasi pencegahan diatas bisa menyadarkan kita semua akan pentingnya kesehatan tubuh. Selain itu, Jangan pernah meremehkan gejala sakit yang mengakibatkan batuk-batuk apalagi batuk yang berdahak dan berlangsung beberapa minggu dengan perasaan meriang. Segera periksanakan diri Anda ke dokter apabila ada gejala-gejala ganjil muncul pada tubuh Anda.
  • http://hariansehat.com/cara-mencegah-penyakit-tbc/

0 komentar:

Posting Komentar

 

PENGETAHUAN Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

Red Spinning Heart Within A Heart /* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://ani.cursors-4u.net/symbols/sym-8/sym755.ani), url(http://ani.cursors-4u.net/symbols/sym-8/sym755.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */